Kumpulan tips-tips bermanfaat

Kumpulan tips-tips bermanfaaat

Minggu, 13 Maret 2011

Cara Mudah Merawat Kamera

Liburan rasanya kurang asyik kalau tanpa kamera. Kesenangan berfoto ria tentunya juga harus diimbangi dengan perawatan kamera yang benar pula. Berikut ini tips mudah merawat kamera Anda agar tidak terhindar dari kerusakan :

1. Jauhi Kapur Barus
Tampaknya memang sepele, tapi sebetulnya dampak kapur barus cukup signifikan dan berbahaya untuk kondisi kamera Anda. Selain dapat merusak PCB (Printed Circuit Board) atau chip dalam kamera, uap kapur barus juga dapat menodai lensa.

2. Tempat Kamera yang Ideal
Yaitu yang dingin, sejuk, dan tidak lembab. Tapi karena lemari khusus kamera tidak murah, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif cara untuk menyiapkan kamera. Pertama, Anda bisa juga membuat lemari khusus Anda sendiri dengan menyiapkan lampu pijar dengan daya 5 watt. Tempatkan lampu pijar 40cm diatas kamera.

3. Cara Menyimpan
Untuk penyimpanan yang baik, bukalah bungkus atau tudung kamera terlebih dahulu sebelum menyimpan. Selain itu, untuk menyimpan dengan jangka waktu yang cukup lama, lepaskan dan keluarkan baterai dari dalam kamera untuk menghindari terjadinya over-discharger pada baterai.

4. Sunshines Away
Saat berpergian atau travelling ke tempat-tempat yang cukup panas, lindungi kamera Anda. Karena panas yang cukup lama dan tinggi, dapat merusak bagian kamera yang terbuat dari plastik, karet, serta elemen-elemen elektronika lainnya.

5. Bersihkan Kamera
Jangan lupa bersihkan kamera Anda minimal seminggu sekali. Gunakan lap bersih dan lembut untuk membersihkan bagian luarnya. Sedangkan untuk bagian dalam, gunakan blowe berukuran inci yang banyak dijual di toko kamera. Untuk bagian yang terkena noda, bersihkan dengan bantuan tissue khusus kamera.

6. Bahaya Air Laut
Saat berekreasi, hindarkan kamera Anda dari cipratan air laut. Percikan air laut yang bersifat halus dan tidak tampak, serta butir-butiran garam yang terdapat di uap air laut, mampu menjadi sumber karat yang sangat potensial.

Kamera yang terawat akan menghasilkan gambar lebih baik dan memanjangkan umur kamera Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar